Manfaat Menjadi Pendengar Yang Baik dalam Dunia Kerja dan Bisnis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat menjadi pendengar baik dalam dunia kerja dan bisnis. Menjadi pendengar yang baik dalam dunia kerja

Manfaat Menjadi Pendengar Yang Baik dalam Dunia Kerja dan Bisnis

Menurut beberapa ahli, komunikasi merupakan proses di mana dua individu atau lebih saling berbagi dan bertukar informasi satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam. Dalam melakukan komunikasi yang baik, kita seringkali mengalami hambatan, dan salah satunya adalah menjadi pendengar yang baik.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat menjadi pendengar baik dalam dunia kerja dan bisnis. Menjadi pendengar yang baik dalam dunia kerja dan bisnis memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

Manfaat Menjadi Pendengar Yang Baik dalam Dunia Kerja dan Bisnis

Membangun Hubungan Kerja Yang Baik

Menjadi pendengar yang baik dapat membantu Anda membangun hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja dan atasan Anda. Ketika lawan bicaramu merasa mereka dapat berbicara terbuka, mendengar, dan dipahami, mereka lebih mungkin untuk merasa nyaman dan bekerja sama dengan baik.

Meningkatkan produktivitas

Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda dapat memahami instruksi dan tanggung jawab pekerjaan yang diberikan kepada Anda dengan baik, yang dimana hal tersebut tentunya dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Membangun kepercayaan terhadap partner kerja

Ketika lawan bicara Anda sedang bercerita dan Anda memperhatikan dengan baik, mereka pasti merasa bahwa Anda sangat menghormati mereka. Hal ini dapat mendorong partisipasi dan membangun kepercayaan dengan partner kerja Anda.

Meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan

Mendengarkan dengan baik dapat memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang situasi dan informasi, yang dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Meningkatkan jiwa kepemimpinan

Seorang pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Ketika seorang pemimpin dapat mendengarkan dengan baik dan penuh empati memungkinkan untuk memahami kebutuhan, harapan, dan masalah yang dihadapi oleh anggota timnya.

Selain itu, mendengarkan juga menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap pendapat dan ide lawan bicara, yang dapat membangin kepercayaan dan meningkatkan moral seseorang.

Untuk menjadi pendengar yang baik seringkali juga kita mendapat beberapa hambatan, berikut adalah beberapa hambatan dalam menjadi pendengar yang baik yang perlu Anda hindari.

Hambatan Dalam Menjadi Pendengar Yang Baik

Hambatan Dalam Menjadi Pendengar Yang Baik

Terlalu terfokus pada pikiran sendiri

Terkadang ketika seseorang terlalu terbenam dalam pikirannya, ia mungkin akan kesulitan untuk fokus pada apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya.

Adanya prasangka

Prasangka terhadap orang lain atau pesan yang mereka sampaikan bisa menjadi alasan seseorang tidak dapat mendengarkan dengan baik lawan bicaranya.

Kurang fokus dalam mendengarkan orang lain

Nah ini juga hal yang seringkali terjadi saat ini, terkadang lawan bicara kita sedang bercerita malah kita seringkali asik main hp sendiri atau lain sebagainya. Ketika konsentrasi seseorang terbagi maka ia akan kesulitan untuk mendengarkan lawan bicaranya dengan baik.

Terlalu banyak bicara

Seseorang yang cenderung banyak berbicara biasanya kurang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara, oleh karena itu ia menjadi kurang efektif dalam mendengarkan.

Lingkungan yang tidak mendukung

Terkadang lingkungan yang berisik atau tidak nyaman bisa menjadi pengaruh bagi seseorang untuk mendengarkan dengan baik. Maka dari itu ketika kamu ingin berkomunikasi dengan seseorang yang sekiranya topik itu sangat penting carilah tempat yang nyaman dan tidak berisik dari gangguan.

Menjadi seorang pendengar yang baik adalah hal paling penting bagi setiap orang. Maka dari itu selain harus menghindari hambatan yang ada kita juga perlu mengetahui manfaat menjadi pendengar yang baik dalam lingkungan kerja maupun bisnis.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain