6 Langkah Cerdas Siapkan Tabungan Hari Tua agar Pensiun Sejahtera

Untuk memiliki masa tua yang sejahtera pun perlu usaha. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyiapkan dana pensiun sejak dini.

6 Langkah Cerdas Siapkan Tabungan Hari Tua agar Pensiun Sejahtera - Adh Blog
Banyak orang menginginkan masa tuanya lebih tenang dan sejahtera. Hal ini dikarenakan, ketika sudah tua, kesehatan dan tenaga sudah menurun. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin memiliki kondisi finansial yang stabil, salah satunya adalah dengan adanya tabungan.

Namun, untuk memiliki masa tua yang sejahtera pun perlu usaha. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyiapkan dana pensiun sejak dini. Hal ini dikarenakan perlu jangka waktu yang panjang untuk menyiapkan semua kebutuhannya di masa tua mendatang.

Oleh karena itu, jika saat ini kamu masih di usia produktif dan aktif bekerja, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk menyediakan tabungan di masa depan nantinya.

Panduan dan Manfaat Tabungan Hari Tua

Ketika sudah tua, tentu kemampuan kita untuk bekerja sudah sangat berkurang. Namun, kebutuhan untuk hidup akan terus berjalan, sedangkan kamu sudah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Itulah kenapa, kamu perlu mengalokasikan biaya dengan bijak saat menyiapkan dana pensiun untuk hari tua.

1. Sadari Posisi Saat Ini

Buka tabungan adalah salah satu langkah bijak yang dapat kamu lakukan di saat ini. Hal ini dikarenakan kamu masih dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan secara rutin setiap bulannya.

Di kondisi finansial yang sekarang, kamu dapat menghitung berapa jumlah waktu yang dibutuhkan sampai pensiun datang. Selain itu, kamu juga dapat mulai menyisihkan dana untuk tabungan secara konsisten sampai waktu yang ditentukan.

Meskipun terlihat harus dilalui dalam waktu yang panjang, tetapi mulai menyisihkan biaya sejak dini adalah keputusan yang sangat baik.

2. Susun Rencana Keuangan yang Jelas

Ketika menyiapkan rencana finansial untuk pensiun hari tua, maka hal yang seharusnya tidak dilewati adalah membuat rencana keuangan dengan baik. Untuk hal ini, ada beberapa yang dapat kamu siapkan, misalkan :

  • Pertimbangkan kamu akan mulai pensiun atau berhenti bekerja
  • Pertimbangkan juga rentang usia harapan hidup sebagaimana yang disampaikan para ahli
  • Buat perkiraan semua kebutuhan harian yang akan kamu butuhkan
  • Kemudian, kamu perlu mengetahui waktu yang dimiliki untuk menyiapkan semua biaya atau tabungan tersebut

Yang dimaksud dalam hal ini adalah kamu dapat mengetahui besaran biaya untuk hidup setiap bulannya, besaran pendapatan bersih dan rentang usia harapan hidup yang secara umum dimiliki.

3. Pilih Instrumen yang Paling Tepat

Buka tabungan adalah adalah salah satu instrumen yang tepat untuk kamu pilih dalam menyiapkan biaya pensiun di hari tua nantinya. Hal tersebut dikarenakan dengan tabungan yang lebih dari kebutuhan hidup, maka kamu pun akan lebih tenang dalam menjalani hari.

Namun, selain membuka tabungan, kamu pun dapat memilih berbagai instrumen lain sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, misalnya investasi saham maupun reksadana.

Karena kamu membutuhkan rencana pembiayaan dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka sebaiknya kamu pun menghindari instrumen yang tersedia dalam jangka waktu pendek. Memilih instrumen yang kurang tepat, juga dapat mengganggu rencana finansial untuk menyiapkan dana pensiun di hari tua nanti.

4. Gunakan Asuransi

Langkah untuk menyiapkan dana pensiun di hari tua, juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan asuransi. Beberapa jenis asuransi dapat kamu pilih, antara lain adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Ketika kamu masih berada di usia produktif atau usia muda, maka akan lebih mudah dalam memilih asuransi yang akan digunakan untuk hari tua. Hal ini juga dikarenakan, semakin bertambahnya usia, maka harga premis asuransi pun akan semakin naik.

Itulah mengapa sebaiknya mulai menggunakan asuransi sedini mungkin.

5. Buat Kebutuhan Prioritas

Buka tabungan adalah salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan secara konsisten. Oleh karena itu, kamu sebaiknya sudah mengetahui dengan benar, apa saja yang termasuk dalam kebutuhan dan keinginan. Dengan mengetahui hal ini, maka akan membuat kamu lebih mudah dalam mengendalikan diri untuk belanja.

Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa jumlah pengeluaran seharusnya tidak lebih besar dari pendapatan. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengetahui apa saja yang termasuk dalam kebutuhan, misalkan untuk makan, beli bensin hingga listrik. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang dapat membuat kita merasa nyaman dan tentu saja prioritasnya tidak lebih dari kebutuhan.

Tabungan

6. Naikkan Target Pemasukan

Ketika kamu masih berada di usia produktif, tentu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menambah pemasukan lain di luar pendapatan utama.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk hal ini adalah dengan mencari side job dengan berbagai kegiatan, mulai dari menjadi guru les privat hingga berjualan makanan online. Pilih side job yang paling mudah untuk kamu lakukan di sela waktu melakukan pekerjaan utama.

Dari berbagai penjelasan di atas, buka tabungan adalah salah satu cara yang bisa dikatakan paling mudah untuk menyiapkan tabungan di hari tua saat sudah pensiun. Untuk membantu dalam membuat rencana keuangan di masa mendatang, kamu dapat menggunakan layanan tabungan dari digibank by DBS.

Sebagai bank digital, digibank by DBS menyediakan fasilitas Tabungan Maxi yang dapat membantu mengatur keuangan dengan lebih rapi. Selain itu, Tabungan Maxi juga memberikan bunga cukup tinggi, sehingga akan sangat menguntungkan kamu dalam menyiapkan tabungan hari tua.

Tersedianya 20 Dompet Maxi juga dapat membantu dalam mengatur pos keuangan personal dengan adanya penamaan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, digibank by DBS ini juga memiliki banyak fungsi, tentu saja buka tabungan adalah salah satunya dan semua juga bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja.

Menariknya lagi, digibank by DBS juga menyediakan digibank Advisor yang nantinya akan membantu kamu dalam membuat rencana keuangan hingga membantu memilih rekomendasi produk terbaik untuk kamu.

Nah, jika ingin mendapatkan berbagai informasi menarik dan menguntungkan lainnya, kamu dapat membacanya di sini.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain