5 Cara Mengamankan Akun Game dari Serangan Hacker

Jangan pernah kamu menyepelekan pengamanan akun, karena segala aktivitas negatif bisa saja mengarah kepadamu. Kamu tentu tidak mau akun gamemu dibajak
Assalamu'alaikum Wr Wb

Bermain game memang menyenangkan. apalagi ketika sedang stress. Namun, tidak semua game khususnya game online aman. Kamu bisa menemukan banyak penjahat cyber yang bisa mencuri data pribadimu. Jangan pernah kamu menyepelekan pengamanan akun, karena segala aktivitas negatif bisa saja mengarah kepadamu. Kamu tentu tidak mau akun gamemu dibajak kan? Oleh karena itu, berikut adalah cara untuk mengamankan akun game dari serangan hacker.

1. Menggunakan password yang rumit tapi mudah di ingat

Ini hal penting yang harus diperhatikan. Jika kamu menggunakan password yang mudah ditebak seperti "password123" atau "namakamu123", saya sarankan untuk kamu menggantinya dengan yang baru. Besar kemungkinan akun kamu akan di bajak jika masih menggunakan password seperti itu. Password yang baik adalah menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, kombinasi angka, jangan gunakan identitas pribadi sebagai password, diatas 8 karakter semakin panjang password yang digunakan maka tingkat kesulitannya semakin tinggi, dan pastikan kalian mudah mengingatnya. Seorang hacker akan menggunakan caranya sendiri untuk mendapatkan password akunmu, apalagi passwordnya mudah ditebak.

2. Jangan mencantumkan informasi pribadi

Kamu harus lebih pintar lagi jika memasuki dunia maya. Kamu tidak tahu orang akan berbuat jahat, termasuk teman yang sudah dekat yang kamu kenal di dunia maya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jangan pernah mencantumkan informasi pribadi seperti alamat rumah, informasi rekening bank, nomor telp, tanggal lahir asli. Jika kamu cantumkan maka akan memudahkan penjahat cyber.

3. Kenali phising

Penjahat cyber akan memanfaatkan sekecil apapun dan akan membuat jebakan untuk calon korbannya. Umumnya jebakan tersebut yang sering ditemui adalah iklan. Misalnya iklan disuatu website atau media sosial yang muncul tiba-tiba dengan penawaran menggiurkan seperti item gratis, uang game gratis, dll.

Kamu jangan sampai membukanya, sebab link iklan tersebut akan mengarah ke halaman login yang mirip dengan website aslinya. Jika kamu membuka dan memasukan data yang diminta, maka pencurian data tidak bisa terhindarkan. Penjahat cyber sangat cerdik dalam mencuri akunmu, dia akan membuat desain webnya menyerupai website aslinya. Jika kalian ragu apakah itu website phising, kalian bisa cek domainnya, apakah domainnya sama dengan website resminya. Jika domainnya aneh segera tinggalkan.

4. Gunakan password manager

Jika kamu seorang gamer yang menggunakan akun berbeda-beda, kamu juga harus membuat password yang berbeda setiap akunnya agar tidak mudah dicuri. Cara ini memang efektif tetapi akan membuat kamu pusing karena mengingat password yang berbeda setiap akunnya.

Untuk mengatasi itu, kamu tinggal mendownload aplikasi password manager. Ada banyak aplikasi password manager, seperti Lastpass, True Key, LogMeOnce, Blur, dan masih banyak lagi.

5. Aktifkan two-factor authentication

Setelah melakukan banyak cara diatas, akan lengkap jika kamu mengaktifkan two-factor authentication. Fitur ini berguna untuk melindungi akunmu dari penjahat cyber. Cara kerjanya cukup efektif karena fitur ini menggunakan verifikasi 2 langkah yaitu password dan ponsel kalian. Jika penjahat cyber sudah mengetahui username dan password akunmu dan tidak bisa mengisi kode verifikasi two-factor authentication maka proses tidak dapat dilanjutkan. Jadi segera cek pengaturan akun game kalian.

Itulah cara mengamankan akun game dari serangan hacker. Kalian harus lebih waspada karena bagaimanapun hacker lebih cerdik dalam mencari kelemahan untuk mengambil akun game kalian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr Wb