7 Tips Membeli Smartphone Sebelum Ganti Smartphone

, yuk simak tips membeli smartphone berikut ini agar yang kita beli sesuai dengan kebutuhan dan gantiponsel lama kita.

Assalamu'alaium Wr Wb

Di zaman globalisasi seperti saat ini, alat komunikasi menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Hampir seluruh orang memiliki ponsel, mulai dari anak kecil sampai dengan orang yang sudah lanjut usia. Teknologi berkembang begitu cepat sehingga perkembangan ponsel pun ikut cepat. Perusahaan selalu melakukan inovasi dalam memproduksi ponsel agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan lain.

Walau sebenarnya ponsel kita masih bagus, melihat smartphone-smartphone dengan fitur yang canggih, kita menjadi terdorong untuk membeli ponsel baru tersebut. Sesungguhnya sangat disayangkan apabila kita memilik ponsel canggih tapi hanya menggunakan beberapa fitur tertentu karena sama saja dengan menghamburkan uang. Perilaku seperti itu dapat mengganggu keuangan kita. Untuk itu, yuk simak tips membeli smartphone berikut ini agar yang kita beli sesuai dengan kebutuhan dan ganti ponsel lama kita.

Pilih ponsel sesuai kebutuhan bukan keinginan

Pilihlah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya kamu doyan main game, belilah smartphone dengan performa yang baik. Kalau kamu hobi foto-foto, belilah dengan kamera yang bagus. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone, antara lain besarnya CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), GPU (Graphics Processing Unit), memori internal, tampilan layar, jenis sistem operasi, dan kualitas kamera.

Kamu dapat melihat terlebih dahulu spesifikasi smartphone di internet atau majalah seluler. Begitu sampai di toko gadget, kamu tidak kebingungan lagi. Jangan sampai kamu kena rayu membeli gadget lain yang sebenernya tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan melihat smartphone dengan puluhan keunggulan lalu bergegas ingin membeli smartphone tersebut.

Ulasan pembeli lain

Setelah melihat spesifikasi smartphone yang ingin kita beli, lihat juga testimoni dari orang yang telah lebih dahulu membeli smartphone tersebut. Dari ulasan tersebut, kita menjadi tahu kelebihan dan kekurangan smartphone yang ingin kamu beli. Lalu, testimoni tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan apakah kita tetap membeli smartphone tersebut atau beralih ke merek atau jenis lain.

Beli ponsel sesuai dengan kondisi keuangan

Lihatlah bagaimana kondisi keuanganmu. Apakah sedang banyak uang atau dompet sedang sangat tipis? Jangan paksakan diri untuk membeli smartphone dengan merek terkenal yang enggak terbeli.

Bujet yang telah ditentukan

Setelah melihat kondisi keuangan, tentukanlah besarnya bujet yang mampu kamu keluarkan untuk membeli. Misalnya mulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 3 juta. Hindari membeli lebih dari bujet yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Potongan harga dan bonus

Untuk menarik pembeli, banyak toko yang memberikan diskon atau bonus seperti gratis merchandise, gratis speaker atau cash back. Sah-sah saja membeli membeli ponsel yang sedang ada potongan harga atau memiliki banyak bonus, dengan syarat ponsel tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kamu membeli ponsel yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena tertarik melihat harganya yang murah.

Beberapa toko juga menjual smartphone dengan harga yang jauh sekali dibanding harga pasaran. Alasan pedagang, barang yang ia jual adalah barang black market. Hati-hati, bisa jadi smartphone yang ia jual tersebut adalah barang rekondisi atau barang imitasi.

Jangan tergiur dengan kredit

Tidak jarang gerai ponsel menyediakan cicilan nol persen sehingga kita yang belum memiliki uang yang banyak pun tetap dapat membeli ponsel. Jika ingin membeli ponsel, sebaiknya belilah dengan uang tunai.

Kalau belum punya cukup uang, kamu dapat menabung terlebih dahulu. Saat uang telah terkumpul, bisa saja harga smartphone yang kita inginkan telah turun atau muncul smartphone lain yang lebih murah dengan kualitas yang sama.

Jangan tergiur dengan keluaran terbaru

Untuk mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan konsumen, produsen smartphone terus berusaha meningkatkan fitur dan kemampuan produk mereka. Sebagai konsumen, kamu harus pintar-pintar dalam menyikapi hal tersebut.

Sebagai contoh, kamu baru saja membeli produk ponsel A1, lalu tahun depan keluar produk A2. Bisa jadi kamu kepingin membeli produk A2 tersebut meski ponsel A1 kamu masih sangat baik kondisinya. Kalau sudah begini, kembali ke poin pertama, belilah ponsel sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah tips membeli smartphone secara baik dan benar. Sudah enggak binggung lagi kan mau beli smartphone yang mana Teknosia?

Wassalamu'alaikum Wr Wb