Cara Membuat Partisi Harddisk Baru Tanpa Aplikasi Pada Windows

Pada kesempatan kali ini Adh Blog akan memberikan tutorial tentang cara membuat partisi harddisk baru tanpa aplikasi pada windows 10, 8, dan 7.

 Cara Partisi Harddisk Pada Windows

Cara Partisi Hardisk - Membuat partisi harddisk baru merupakan suatu hal yang dilakukan untuk membagi partisi pada harddisk yang berfungsi agar pengelolaan data pada harddisk lebih efektif. Terkadang saat kita membeli laptop baru biasanya harddisk pada laptop baru kita belum dipartisi atau partisinya hanya ada satu yaitu Local Disk c saja, nah pasti kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara menambahnya, apakah perlu diinstal ulang juga?? Tidak Perlu sob, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat partisi harddisk baru tanpa aplikasi pada windows 10, 8, dan 7.

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Harddisk Dengan Hard Disk Sentinel

Pada gambar diatas kalian dapat melihat hanya terdapat 1 patisi yaitu Local Disk c yang ukurannya sekitar 223 GB, nah disini saya akan membaginya menjadi 2 yang nantinya akan terdapat partisi baru 1 lagi.

Nah caranya yaitu yang pertama silahkan kalian klik kanan icon windows pada bagian taskbar pojok kiri. kemudian pilih "Disk Management".

Nanti akan muncul jendela seperti dibawah ini, kemudian kalian tinggal klik kanan pada disk yang ingin kalian partisi tadi. Contohnya seperti saya yang ingin membagi partisi pada Local Disk c tadi menjadi 2, maka dari itu kita tinggal klik kanan pada Local Disk c kemudian pilih "Shrink Volume"


Tunggu beberapa saat

Nah seteleh itu nanti akan muncul jendela baru lagi seperti gambar dibawah ini.

Pada tutorial ini saya akan membuat partisi baru yang ukurannya 70 GB. Untuk membuat pertisi baru lebih baik ukuran partisinya lebih kecil dari pada jumlah data yang masih free pada partisi yan ingin kalian bagi, contohnya disini pada Local Disk c laptop saya kapasitanya 223 gb dan didalamnya ada datanya sekitar 69 GB nah jadi Local Disk saya masih kosong sekitar 154 GB, jadi kesimpulannya kalian jangan membuat partisi baru yang ukurannya melebihi 154 GB, jiika melebihi kapasitas freenya nanti akan gagal.

Oke lanjut, disini saya akan membuat partisi baru sebesar 70 GB, nah berarti kita tinggal masukkan jumlah seberapa besar partisi yang ingin kita tambahkan pada bagian "Enter the amount of space to shrink in MB", contohnya saya ingin membuat 70 GB, berarti kita tinggal masukkan pada bagian itu "70000", 70 ribu artinya 70 GB, mengapa? karena setiap seribu GB itu jumlahnya sama dengan 1 GB. Kemudian setelah kalian isi tinggal klik saja tombol "Shrink".

Jika berhasil nantinya pada jendela disk management tadi akan ada partisi baru disebelah Local Disk c tadi yang tandanya masih "Unallocated", artinya Local Disk baru atau partisi baru kita belum dialokasikan atau belum ditampilkan pada File Explorer.

Nah cara menampilkannya kita tinggal klik kanan dan pilih "New Simple Volume"

Kemudian klik "Next".

Klik "Next" lagi.

Pilih yang paling atas seperti gambar dibawah ini, lalu klik "Next".

Selanjutnya pilih yang kedua seperti gambar dibawah ini. pada bagian Volume label kalian bisa menamai partisi baru kalian secara bebas, disini saya biarkan New Volume saja, kemudian kita klik     "Next".

Selanjutnya klik "Finish".

Jika sudah seperti gambar dibawah ini(sudah tidak unallocated) maka kita sudah berhasil membuat partisi baru.

Kalian tingal cek saja pada file explorer kalian nanti akan ada partisi baru seperti gambar dibawah ini. Jika sudah ada berarti kalian sudah sukses membagi partisi harddisk klaian tanpa harus install ulang windows.

Baca Juga : 3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan PC, Termudah

Mungkin cukup sekian tutorial tentang cara membuat partisi harddisk baru, jika ada pertanyaan kalian tinggal komen dibawah atau bisa mengubungi saya melalui halaman kontak. Teriamakasih sudah berkunjung, sampai jumpa diartikel selanjutnya.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

2 komentar

  1. Mantap brother
Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain