Cara Cek Kesehatan Harddisk Dengan Hard Disk Sentinel

Assalamu'alaikum Wr Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit cara untuk cek kesehatan harddisk menggunakan software Hard Disk Sentinel. Harddisk merupakan hardware yang sangat rentan apabila kita tidak menjaga dan merawatnya dengan baik-baik, tidak hanya wajib untuk merawatnya, kita juga wajib selalu untuk mengecek kesehatan harddisk laptop/pc kita.

Biasanya saya mengecek kesehatan harddisk pada laptop saya menggunakan Software Hard Disk Sentinel, dengan aplikasi ini kita dapat mengecek kesehatan harddisk maupun temperatur harddisk.

Untuk caranya yang pertama silahkan kalian download Hard Disk Sentinel melalui website resminya, setelah itu install seperti biasa. Jika sudah terinstall silahkan kalian buka aplikasinya.

Nah pada tampilan awalnya kita dapat melihat bagaimana kondisi kesehatan dan temperatur harddisk kita dibagian kiri atas. Dibawahnya kita juga dapat melihat berapa ukuran penyimpanan yang masih kosong pada partisi harddisk kita.

Pada bagian kanan ada beberapa menu seperti Overview, Temperature, S.M.A.R.T, Informasi dan sebagainya. Nah pada menu Overview kita dapat melihat performa, kesehatan, dan estimasi umur harddisk kita. Disana tertara kalau performa harddisk saya masih 100%, kesehatannya 99% dan perkiraan bertahannya sampai 1000 hari.


Pada bagian Temperature kita dapat melihat suhu harddisk kita dengan secara detail.



Kemudian pada bagian S.M.A.R.T kita dapat melihat kesehatan harddisk kita secera detail, ada 3 tanda yang pertama adalah checklist hijau, keterangan checklist hijau berarti harddisk kita masih sehat walafial sob, kemudian tanda seru kuning, tanda ini berarti menjelaskan bahwa pada bagian harddisk kita ada yang sudah mulai rusak, dan yang terakhir warna merah, jika ditandai dengan warna merah berarti ada bagian yang sudah rusak ya sob.

Pada gambar diatas tandanya masih checklist hijau semua, berarti tandanya harddisk saya masih sehat.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 8 dan 10

Dengan software Hard Disk Sentinel ini kita juga dapat mengecek badsector juga dengan cara klik menu disk kemudian pilih surface test. Setelah itu kalian tinggal pilih harddisknya, untuk test typenya kalian pilih Read test saja. Kemudian tinggal klik langsung Start test. Lakukan dengan hati-hati ya sob jangan sampai salah pilih, kalau kita salah test bisa-bisa data kita hilang.
1.


2.

Lakukan monitoring seperti ini secara berkala agar kita tahu kalau ada kerusakan pada harddisk kita. Jika kita melakukan pengecekan harddisk kita secara berkala apabila ada tanda-tanda harddisk kita rusak dan didalamnya masih ada data penting maka kita masih dapat mengambilnya, tetapi jika kita tidak rajin melakukan monitoring dan tiba-tiba saja harddisk kita rusak maka kita tidak akan bisa mengambil data-datanya lagi. Ada beberapa tanda jika harddisk kira sudah mulai rusak, yang pertama sudah mulai ada tanda bunyi pada harddisk kita, yang kedua lemot, dan yang terakhir jika kita cek sudah terdapat badsector.

Semoga artikel tentang Cara Cek atau Monitoring Harddisk ini bermanfaat buat kalian, jangan lupa untuk dishare agar saya semakin semangat memberikan konten-konten bermanfaat lainnya. Sekian dari saya.


Wassalamu'alaikum Wr Wb