3 Cara Mengatasi Limit Google Drive dan Penyebabnya

Cara mengatasi limit Google Drive bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel atau laptop

Cara Mengatasi Limit Google Drive dan Penyebabnya

Cara mengatasi limit Google Drive bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel atau bisa juga menggunakan laptop agar lebih mudah untuk melakukan mengatasinya.

Perlu diingat, jika cara mengatasi limit Google Drive ini harus dilakukan secara berkala. Jika tidak, Google Drive akan mudah penuh dan akhirnya tidak bisa digunakan untuk melakukan penyimpanan atau download.

Pasalnya, di saat Anda melakukan downlaod file dari Google Drive, biasanya file tersebut juga akan tersimpan di dalam akun Google Drive Anda. Sehingga seiring  berjalannya waktu dan Anda terus mendownload, maka penyimpanan Google Drive Anda akan penuh.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Secara Ampuh

1. Menghapus File Tidak Perlu

Cara mengatasi limit Google Drive yang pertama adalah dengan menghapus file yang tidak dibutuhkan lagi. Sisir satu persatu folder yang ada pada Google Drive lalu hapus dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Klik kanan pada file.
  • Pilih Remove.

Cara ini masih belum selesai karena file akan berada pada folder Trash. Jadi konsepnya hampir mirip dengan komputer karena file yang dihapus tidak akan dihilangkan secara permanen.

Untuk menghilangkan secara permanen, Anda bisa langsung mengikuti langkah di bawah ini:

  • Pilih Folder Trash di sisi kiri.
  • Setelah masuk, bisa pilih file yang akan dihapus.
  • Klik kanan, Delete Permanent.

Sebenarnya jika masuk ke dalam folder ini akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari. Tetapi tidak perlu menunggu jika memori sudah terlalu penuh.

2. Melakukan Upgrade Premium

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi limit pada Google Drive adalah dengan melakukan upgrade. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka Google Drive.
  • Klik Buy Storage.
  • Pilih paket yang diinginkan.
  • Lakukan pembayaran.

Mengutip dari situs EzTekno.com bahwa apabila menggunakan versi gratis, Anda sudah mendapatkan 15 GB. Sementara itu jika menggunakan versi yang premium bisa memilih bulanan maupun tahunan.

Harga untuk bulanan paling rendah sekitar Rp27.000. Dengan membayar biaya ini, Anda akan mendapatkan memori tambahan hingga 100 GB.

3. Backup Offline

Cara mengatasi limit Google Drive yang terakhir adalah dengan melakukan backup offline. Ini bisa dilakukan jika Anda memiliki memori eksternal dalam jumlah besar dan sedang tidak dipakai.

Lakukan proses download satu persatu pada file yang memang ingin dipindah. Caranya dengan menekan file lalu klik kanan, pilih tombol download untuk melakukan proses unduh.

Lakukan satu persatu pada file yang ukurannya besar. Sementara itu untuk file yang ukurannya kecil bisa langsung didownload menjadi 1 karena nanti akan otomatis masuk ke dalam Rar.

Penyebab Google Drive Cepat Penuh

1. Sering Download

Beberapa orang tidak mengetahui kenapa Google Drive yang digunakan mudah sekali penuh. Padahal mereka sedang tidak menyimpan apapun dan hanya menggunakannya untuk keperluan membuat dokumen.

Hal yang membuat Google Drive bisa penuh yaitu ketika Anda download file apapun yang menggunakan hosting Google Drive. Ketika Anda melakukan download secara otomatis, file akan ditambahkan ke Drive tanpa disadari.

2. Banyak Upload Data

Apabila melakukan upload data dalam jumlah banyak khususnya yang berbentuk video ataupun gambar, ada kemungkinan Google Drive menjadi mudah penuh.

Karena pada dasarnya untuk versi gratis memang dibatasi hanya maksimal 15 GB saja. Kecuali Anda membeli versi premium seperti berlangganan setiap bulannya, barulah akan memiliki total 115 GB atau lebih.

3. Jarang Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

Cara menghapus file yang tidak diperlukan juga bisa membuat Google Drive menjadi penuh. Pastikan setelah melakukan download apapun segera hapus secara permanen seperti cara yang sudah dibahas sebelumnya.

Kesimpulan

Sebenarnya, cara mengatasi limit Google Drive ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Secara umum, pilihannya ada dua yaitu menghapus file atau bisa juga menambahkan memori tetapi harus membayar biaya berlangganan.

Semua solusi di atas, bisa dilakukan dengan mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Namun yang terpenting adalah setidaknya Anda mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu sehingga Anda bisa menemukan solusinya secara efektif.

Dan dengan mengetahui bagaimana cara mengatasinya, maka Anda tidak perlu khawatir lagi ketika Anda tidak bisa download file dari Google Drive karena mengalami masalah limit ini.

Sekian artikel singkat mengenai cara mengatasi limit Google Drive yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil! 

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)