Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word

Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word – Dalam sebuah makalah, proposal ataupun skripsi biasanya mempunyai nomor halaman. Terkadang terdapat nomor halaman yang berada di bawah halaman maupun di pojok kanan atas halaman. Tetapi banyak yang tidak tahu cara membuatnya.
Assalamu'alaikum Wr Wb

Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word – Dalam sebuah makalah, proposal ataupun skripsi biasanya mempunyai nomor halaman. Terkadang terdapat nomor halaman yang berada di bawah halaman maupun di pojok kanan atas halaman. Tetapi banyak yang tidak tahu cara membuatnya.

Memang untuk membuat nomor halaman yang berbeda, terlalu banyak caranya dan agak ribet. Berbeda dengan nomor halaman yang sama misal hanya terdapat dibawah halaman saja. Apalagi halaman dengan huruf yang berbeda misal untuk pendahuluan mengunakan huruf romawi dan bab menggunakan angka.
Untuk itu disini saya akan memberikan cara membuat nomor halaman yang berbeda. Bagi kalian yang tidak tahu caranya bisa langsung simak artikel berikut ini ya. Oke langsung saja kita bahas.

Cara Membuat Nomor Halaman Romawi dan Angka


Biasanya sebuah makalah, laporan ataupun skripsi menggunakan dua jenis nomor halaman di microsoft word, antara lain menggunakan angka romawi dan angka biasa. Untuk membuatnya sobat bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.


1. Pertama buka dahulu file makalah, laporan ataupun skripsi yang sudah kita buat.

2. Terus taruh kursor diatas sendiri dihalaman yang akan diberi nomor halaman yang berbeda misal taruh didepan tulisan BAB.

3. Setelah itu sobat bisa masuk ke menu Layout terus pada Kolom Page Setup kalian klik Breaks dan pilih Next Page untuk memisahkan antara halaman pendahuluan dan halaman BAB.

4. Setelah itu kita masuk ke menu Insert lalu pada kolom Header & Footer terus klik Page Number.

5. Lalu akan muncul pilihan antara lain Top of Page untuk membuat nomor halaman berada diatas, Bottom of Page untuk membuat nomor halaman berada dibawah, Page Margins untuk membuat halaman berada di margin kanan dan kiri, Current Position untuk membuat halaman dengan format bebas dan Format Page Numbers untuk mengedit nomor halaman.

6. Selanjutnya tinggal pilih Bottom of Page atau Top of Page karena pada setiap sekolah, kantor ataupun instansi lainnya mempunyai ketentuan sendiri misalkan untuk halaman yang ada judul BAB nya nomor halaman berada dibawah dan yang lainnya berada di pojok kanan atas.

7. Kali ini saya akan menggunakan nomor halaman yang berada dibawah untuk judul BAB nya dan yang lainnya diatas jadi saya pilih Top of Page lalu pilih nomor halaman yang berada di pojok kanan atas.


8. Lalu nomor halaman akan muncul dibagian pojok kanan atas.


9. Lalu untuk mengubah nomor halaman yang terdapat judul BAB nya menjadi dibawah sobat jangan dulu close Header & Footer nya karena akan muncul menu tambahan yang biasanya muncul pada menu-menu tertentu yaitu menu Design yang gunanya adalah untuk mengedit.

10. Sobat letakan kursor di nomor halaman yang ada judul babnya.

11. Lalu pada menu Design terdapat kolom Options .

12. Pada kolom Options beri tanda centang pada Different of Page yang berfungsi untuk membedakan nomor halaman yang terdapat halaman pertama saja.

13. Terus nomor halaman yang terdapat pada halaman yang terdapat judul BAB nya akan hilang.

14. Selanjutnya kita isikan kembali nomor halaman dengan masuk ke menu Insert lalu pada kolom Header & Footer klik Page Number dan pada Bottom of Page pilih nomor halaman yang berada bawah tengah halaman.

15. Maka otomatis halaman pertama BAB akan muncul nomor halaman yang berada di bawah tengah halaman.

16. Untuk BAB-BAB selanjutnya caranya sama dengan yang diatas.

17. Apabila sobat ingin menggunakan angka romawi sobat tinggal klik nomor halaman yang akan diubah menjadi angka romawi.

18. Lalu akan muncul menu Design lalu pada kolom Header & Footer klik Page Number lalu pilih Format Page Numbers.

19. Selanjutnya sobat pilih angka romawi lalu klik OK.

20. Maka otomatis angka akan berubah menjadi angka romawi.


Itulah cara membuat nomor halaman yang berbeda. Semoga bermanfaat ya sob artikel kali ini, apabila penjelasn ini teman teman kurang paham silahkan bisa kunjungi website gurukece.com, web yang membahas tentang kunci kunci pada microsoft word.


Terima Kasih Sudah Berkunjung

Wassalamu'alaikum Wr Wb

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain