Cara Menggunakan Rufus Untuk Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8, dan 10

Berikut ini adalah tutorial tentang cara menggunakan rufus untuk membuat bootable flashdisk windows 7, 8 dan 10

Assalamu'alaikum Wr Wb

Cara Menggunakan Rufus - Saat kita menginstall windows pasti kita membutuhkan bootable installannya, nah pertanyaannya apakah bisa sih bootable windows dibuat diflashdisk? Jawabannya bisa sob, kali ini saya akan memberikan tutorial cara menggunakan rufus untyk membuat bootable flashdisk windows 7, 8 maupun windows 10.

Bootable merupakan sebuah fasilitas atau layanan yang ada pada setiap Sitsem Operasi, yang mana fasilitas tersebut di letakkan pada media penyimpanan, seperti Flashdisk, CD/DVD, atau media penyimpanan lainnya.

Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat bootable windows pada flashdisk?
  1. Flashdisk kosong.
  2. File iso windows.
  3. Rufus, ( download Rufus [disini] ).



Pastikan flashdisk yang kalian pakai adalah flashdisk kosong, jika terdapat data didalamnya lebih baik kalian backup dulu, soalnya nanti akan terformat data didalamnya.
Setelah bahan-bahannya kalian sudah siapkan langsung saja kalian perhatikan tutorial berikut ini.

Cara Mnggunakan Rufus Untuk Membuat Bootable Windows

1. Setelah kalian sudah siapkan semuanya silahkan kalian buka rufus dan colokkan flashdisk kalian ke laptop/pc kalaian.

2. Pastikan di bagian device sudah terdeteksi flashdisk kalian ya sob.


3. Kemudian kalian masukkan file iso installasi windows yang sudah kalian siapkan dengan cara klik Select dan klik file isonya dan pilih Open.


    4. Pastikan status dibawahnya Ready, dan pada boot selection berubah menjadi nama file isonya, seperti gambar dibawah ini.


    Note : jika kalian ingin merubah partisinya jadi mbr ataupun gpt, kalian bisa merubahnya dibagian Partition schame.

    5. Jika sudah ready langsung saja klik Start atau mulai.


    6. Jika ada notif seperti gambar dibawah ini, kalain pilih ok,  maksud dari notif tersebut yaitu ingin mengonfirmasi bahwa flashdisk akan diformat, jadi sudah saya jelaskan diawal tutorial lebih baik kalian backup terlebih dahulu jika flashdisk kalian terdapat data penting didalamnya.


    7. Kemudian kalian tunggu saja sampai selesai.


    8. Jika warna hijaunya sudah full dan ada tulisannya ready berarti bootable instalasi windows kita sudah selesai, pilih saja close dan lakukan installasi windows dilaptop/pc sobat.

      Nah gimana sob? mudah bukan, sekarang kalian sudah bisa install laptop/pc kalian menggunakan flashdisk. Jadi sekarang kita nggak usah ribet beli cd/dvd ya sob sekarang kita sudah bisa menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk.

      Kelebihan menggunakan bootable flashdisk sepertinya banyak ya sob, dibanding menggunakan cd/dvd, salah satunya lebih awet menggunakan flashdisk, dan mudah dibawa jika menggunakan flashdisk.


      Semoga artikel ini bermanfaat ya sob, jangan lupa untuk dishare agar temen-temen kita mengetahui tenteang Cara Menggunakan Rufus Untuk Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8, dan 10. Terimakasih sudah berkunjung, see you next article.

      Wassalamu'alaikum Wr Wb