Apa itu Crypto dan Bagaimana Tips Trading Crypto?

Tentunya bagi kita ini yang masih pemula dalam dunia trading aset digital crypto pasti masih bertanya-tanya bagaimana sih tips trading crypto
Apa itu Crypto dan Bagaimana Tips Trading Crypto

Trading Crypto - Crypto atau Cryptocurrency merupakan mata uang digital untuk digunakan sebagai media pertukaran yang menggunakan sistem kriptografi untuk keamanannya. Dengan sistem kriptografi mata uang digital tidak akan bisa di palsukan.

Dalam sistem jaringan kriptografi menggunakan sistem blockchain, semua orang yang ada dalam jaringan kriptografi ini akan mencatat dan memiliki data transaksi kita, nah hal tersebut disebut sebagai blockchain. Dan sedangkan orang yang bertugas memeriksa dan memvalidasi transaksi disebut sebagai mainers.

Cryptocurrency sendiri bersifat anonim atau tanpa nama jadi tidak seperti rekening bank, karena crypto kita itu tidak berhubungan dengan data diri kita, beda halnya dengan rekening bank, jika kita ingin membuat rekening bank kita perlu mengisi data diri kita secara lengkap, jadi bank tersebut akan memiliki data diri kita, tetapi dalam crypto kita tidak seperti itu.

Cryptocurrency memungkinkan kita untuk transaksi antar negara dengan biaya yang sangat rendah serta cepat dan aman. Nah apakah sampai disini kamu sudah paham mengenai crypto? Jika sudah, saatnya kita membahas bagaimana tips trading crypto bagi pemula.

Tetapi sebelum kita membahas lebih dalam kita juga harus menentukan exchange mana yang harus kita gunakan untuk melakukan pembelian aset digital ini. Kamu dapat membeli di exchange manapun, tetapi disini kami akan merekomendasikan kepada kamu untuk menggunakan Indodax, alasannya karena Indodax adalah platform jual beli aset crypto terbesar di Indonesia yang tentunya juga sudah terdaftar dalam BAPPEBTI atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Selain itu didalam Indodax kamu juga dapat melakukan jual beli aset kripto yang sangat bermacam seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, serta puluhan aset lainnya yang tentunya dapat dilakukan dengan mudah dan aman.

Selain itu ada banyak layanan di dalam Indodax seperti :

  • Beli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan
  • Biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0%
  • Transaksi 24 Jam

Dan di Indodax ada juga kalkulator aset kripto, dimana kamu dapat mengetahui untuk saat ini 1 trx berapa rupiah, 1 btc berapa rupiah dan masih banyak lagi lainnya.

Tips Memulai Trading Crypto

Tentunya bagi kita ini yang masih pemula dalam dunia trading aset digital crypto pasti masih bertanya-tanya bagaimana sih tips trading crypto bagi pemula?, berikut ini adalah tips trading crypto yang wajib kamu ikuti.

1. Memilih Aset Crypto Yang Terbaik

Pastikan kamu memulih aset dengan volume trading dan marketcap yang besar, seperti Bitcoin, Etherium, dan Tether.

2. Memilih Aset Crypto Yang TerbaiMemahami Resiko

Selain memilih aset kripto yang terbaik, kamu juga harus memahami seberapa banyak resiko yang akan diambil. Sejak awal melakukan trading kamu harus menentukan resiko yang harus diambil, resikonya pun berbeda antara bitcoin, ethereum dengan aset crypto lainnya. 

Memahami resiko dapat meminimalisir kerugian kamu kedepannya. Kita dapat mengatur batas, jangan sampai melebihi kemampuan investasi kita.

3. Tentukan Strategi dan Waktu Trading

Kamu harus melakukan riset mengapa aset kripto ini bisa naik, kapan waktunya akan naik dan kapan juga akan terjadi penurunan, serta kamu juga harus mengetahui kapan akan membeli dan kapan akan menjualnya.

Selain itu kamu juga harus menentukan jangka trading kamu, saya sarankan untuk pemula lebih baik melakukan trading dalam jangka panjang karena trading jangka pendek lebih banyak resikonya serta agar kamu tidak terjebak dalam 'panic buying' serta 'panic selling'.

4. Fokus dan Konsisten

Yang tak kalah pentingnya juga dalam memulai trading crypto kamu harus fokus dan konsisten. Alasannya karena hal yang sering dialami oleh trader yang tidak berpengalaman adalah melihat keadaan pasar yang tidak memiliki arah yang jelas, jadi jika kita ragu lebih baik untuk berhenti sejenak. Tunggu trend pasar yang akan datang dan lakukan kembali secara konsisten. Hal ini sangat dibutuhkan oleh trader yaitu harus pandai mengetahui trend pasar.

Selain 4 tips diatas untuk memaksimalkan keuntungan saat melakukan trading crypto kita juga perlu memahami analisa fundamental, teknikal dan on-chain. Apa sih sebenarnya ketiga analisa tersebut, dibawah akan kami jelaskan secara singkat apa itu analisa analisa fundamental, teknikal dan on-chain.

Trading Crypto

Analisa Yang Harus Dipahami Sebelum Memulai Trading Crypto

Analisa Fundamental

Dilansir dari beberapa sumber analisa fundamental adalah adalah analisis yang digunakan untuk memahami suatu aset dengan cara mempertimbangkan beberapa aspek terlebih dahulu, seperti dasar kegunaan aset kripto tersebut, jumlah orang yang menggunakan dan juga tim di balik aset tersebut.

Analisa ini juga sangat bermanfaat untuk kita gunakan dalam berinvestasi saham, dengan analisa fundamental kita dapat mengetahui kondisi keuangan dalam perusahaan tertentu.

Analisa Teknikal

Sedangkan untuk analisa teknikal sendiri adalah menganalisa sebuah aset crypto dengan cara memprediksi dari masa depan pasar berdasarkan data-data sebelumnya. Contohnya jika kamu ingin membeli sebuah bitcoin maka kamu perlu memprediksi terlebih dahulu apakah akan naik atau malah turun harganya.

Analisa On-Chain

Yang terakhir adalah analisa on-chain, yang kami kutip dari website investor.id analisa on-chain merupakan analisis yang sering digunakan oleh trader yang sudah professional, metode yang digunakan berdasarkan kumpulan mengenai transaksi suatu aset. Contohnya adalah menganalisa inflow volume dan outflow volume suatu aset dan dampak kedepannya terhadap nilai aset tersebut. Metode ini hanya digunakan oleh trader profesional karena hanya bisa dilakukan melalui portal berbayar.

Bagi kamu yang ingin belajar mengenai uang digital lebih dalamm jamu juga dapat belajar di Indodax loh, Indodax memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar, Setelah paham bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi maupun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Nah itulah ulasan secara singkat mengenai apa itu crypto, dan bagaimana tips trading crypto yang dapat kami berikan. Apabila kamu ada pertanyaan maupun saran silahkan langsung saja berkomentar dibawah.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain