8 Robot Tercanggih Yang Terinspirasi Dari Hewan

Perkembangan teknologi kian hari semakin berkembang dan menunjukkan kemajuan begitu pesatnya terutama di bidang robotika. Buktinya banyak ilmuan dunia dari berbagai negara seperti United States, Jepang, China dan negara maju lainnya berlomba lomba untuk menciptakan berbagai jenis robot guna memudahkan aktivitas manusia dalam segala bidang.
Assalamu'alaikum Wr Wb

Adh Blog - Perkembangan teknologi kian hari semakin berkembang dan menunjukkan kemajuan begitu pesatnya terutama di bidang robotika. Buktinya banyak ilmuan dunia dari berbagai negara seperti United States, Jepang, China dan negara maju lainnya berlomba lomba untuk menciptakan berbagai jenis robot guna memudahkan aktivitas manusia dalam segala bidang.

Selain itu, tujuan penciptaan robot tidak lain untuk membantu manusia segala bidang misalnya untuk memudahkan penelitian, pemantauan, perbaikan atau sebagai asisten virtual serta sebagai ajang unjuk kebolehan di tiap tiap negara. Contohnya saja, diantara beragam robot yang telah diciptakan salah satunya robot yang menyerupai hewan.

Baca Juga : 5 Laptop Gaming Termurah

Berikut adalah 8 robot yang menyerupai hewan yang memiliki kecanggihan, simak ulasannya pada artikel di bawah ini:

1. Robot ular


Dinamakan robot ular hal ini dikarenakan bentuknya memanjang menyerupai ular. Robot ini memang sengaja diciptakan oleh ilmuan negara Jepang dengan tujuan untuk menggantikan peran manusia dalam hal melakukan perbaikan dan pemeriksaan installasi kabel di bawah laut.

Kecanggihannya, robot ular mampu menyelam hingga pada kedalaman 500 meter di bawah permukaan air laut dan mampu bertahan selama 7 hari pada derasnya arus laut.

2. Robot kepiting tapal kuda



Sesuai dengan namanya, robot ini diciptakan terinspirasi dari hewan laut kepiting tapal kuda. Sang pencipta masih berstatus sebagai seorang mahasiswa, hingga pada akhirnya Cramel mendapatkan penghargaan Enginering Program Standing Research Award.

Robot kepiting tapal kuda atau robocrab tersebut memiliki kecanggihan dapat berjalan di atas medan pasir, bebatuan, di darat dan dilengkapi teknologi kedap air. Tubuhnya sangat sigap, terutama ketika berada di dalam dasar air. Selain itu ketika ia terbalik, tubuhnya akan mengembalikan ke posisi semula dengan bantuan ekor.

Si pembuat Cramel mengatakan, robocrab diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah manusia dalam mendeteksi kondisi pasir, tekanan air dan kondisi permukaan tanah dasar laut.

3. Aqua jelly


Aqua jelly memiliki bentuk menyerupai hewan laut ubur ubur. Robot aqua jelly dilengkapi teknologi kedap air dilapisi akrilic, sehingga ia mampu berada di dasar permukaan air laut dan tahan terhadap tekanan air dasar laut.

Layaknya seperti ubur ubur, aqua jelly juga memiliki tubuh yang transparan dan dilengkapi sensor sinar infrared berwarna biru dan putih sebagai alat komunikasi antara robot satu dengan yang lainnya. Bobot robot ini hanya seberat 780 gram. Walaupun tubuhnya begitu ringan, robot ini mampu bergerak di dasar air dengan leluasa tanpa terkendala derasnya arus laut.

4. Robobees


Terciptanya robobees terinspirasi dari hewan lebah dengan ukuran begitu mungil hanya memiliki bobot 100 gram. Namun, dlihat dari sisi kecanggihan dari robot ini ia mampu terbang seperti lebah dan mampu mengepakkan sayapnya dengan kecepatan 120 meter per detik.

Penciptaan robobees bertujuan untuk membantu penyerbukan tanaman, turut serta membantu dalam pemantauan perubahan iklim dan cuaca dan dapat digunakan sebagai robot mata mata untuk memantau musuh di medan pertempuran.

Selain mampu terbang, robot tercanggih terinspirasi dari hewan ini juga dilengkapi kemampuan bertahan di dalam air dan tidak akan terjadi apa apa ketika ia menyentuh air atau terkena hujan. Karena ia dilengkapi teknologi kedap air.

5. Robot laba laba


Tobugtix merupakan sebuah perusahaan yang menjadi pencipta robot ini. Ia sengaja diciptakan dengan tujuan pemantauan dan penelitian. Bentuknya sangat mirip dan sama persis seperti laba laba atau tarantula.

Kecangihan robot ini dapat dilihat dari sisi pergerakan robot sanga mirip dengan pergerakan laba laba sungguhan. Mampu merayap, menempel di tembok, bergelantungan dan sebagainya. Bahkan, robot spider ini dapat dicontrol dari jarak jauh dengan bantuan smartphone, laptop, komputer atau tablet.

6. Robot scorpion


Yups, bentuknya sangat mirip dengan kalajengking dengan bentuk yang sama persis, memiliki kaki sebanyak 6 buah dan ekor. Namun sayangnya, robot ini masih dapat dikenali dengan mudah bahwa ia benar benar robot. Designnya belum begitu tampak seperti real.

Robot scorpion ini diciptakan oleh 3 orang mahasiswa dari University Gent Belgia. Robot ini begitu agresif karena prilakunya sengaja diprogram menyerupai hewan kalajengking. Jadi, ia akan sangat sensitif dengan lingkungan sekitar dan sangat peka terhadap gerakan dan sentuhan.

7. Miro


Miro diciptakan berdasarkan inspirasi dari hewan ikan yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan kelas dunia Artificial Intelegence Robot atau disebut dengan AIRO di Korea Selatan. Pada tujuan awal mereka menciptakan robot ini hanya untuk pengganti hewan peliharaan. Namun, saat ini terus dikembangkan untuk program penelitian di dalam permukaan air.

Miro dilengkapi teknologi kedap air dan mampu dikendalikan oleh perangkat pintar seperti smartphone. Sayangnya robot ini hanya mampu bertahan pada kedalalam 100 meter di bawah permukaan air dan hanya dapat bertahan selama 10 jam.

8. Airacuda


Bentuknya menyerupa hewan laut Hiu yang dilengkapi dengan teknologi gabungan banyak untuk kinematika, perhitungan matematis dan fisika. Selain itu ia juga dilengkapi teknologi kedap air dan tekanan udara agar dapat bergerak seimbang di dalam air laut.

Aircuda dapat bergerak luwes di dalam air dan dapat bergerak bebas layaknya seperti ikan sungguhan. Sederhananya, Aircuda juga dapat dikatakan sebagai teknologi kapal selam mini. Karena teknologinya di design begitu serupa.

Nah, itulah beberapa jenis robot tercanggih terinspirasi dari hewan yang dilansir dari situs aoglamedia.com. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa ya, untuk membaca artikel lainnya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb
“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain