Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

berikut ini adalah tips maupun cara merawat laptop agar tetat awat, barang elektronik jika tidak dirawat dengan baik pasti akan lebih cepat rusak,salah satunya termasuk laptop.

Assalamu'alaikum Wr Wb

Setiap barang elektronik jika tidak dirawat dengan baik pasti akan lebih cepat rusak, sehingga harus mengeluarkan dana untuk service atau beli baru lagi. Salah satu barang elektronik yang rawan rusak kalau tidak dijaga adalah Laptop.

Daripada mengeluarkan uang dengan jumlah yang sama saat membeli laptop tersebut, mending kita rawat dari sekarang biar gak mudah rusak. Di artikel ini kamu bakalan belajar tips merawat laptop sederhana.


Bisa dikatakan, kalau merawat barang elektronik seperti Laptop itu harus seperti merawat diri kita sendiri. Bilamana kita sehari makan 3 kali, maka merawat laptop juga harus diperhatikan setidaknya 3 kali sehari.

1. Bersihkan Debu Yang Menempel di Laptop.

Cara yang paling sederhana untuk merawat laptop adalah dengan membersihkan debu agar tidak menembel lama di laptop. Pada bagian laptop itu ada saluran kipas, nah jangan sampai debu itu terlalu banyak masuk kesana.

Karena bisa membuat performa kipas menurun, dan laptop akan cepat panas. Saat laptop cepat panas inilah kemungkinan laptop rusak itu lebih cepat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan debu yang menempel, pertama gunakan tisu untuk ngelap bagian laptop. Kedua bisa pakai tool kit untuk kamera itu, yang seperti kuas kecil dan semprotan.
Saya sendiri pakai alat tersebut untuk membersihkan bagian rawan debu di Laptop.

2. Gunakan Shutdown Jangan Tombol Power.

Saat mau matikan laptop usahakan selalu gunakan perintah shutdown di windows, jangan langsung tekan tombol power. Karena bisa membuat performa HHD menurun, bahkan cepat rusak. Walau tidak terlihat langsung gejala dari menekan tombol power secara langsung saat matikan laptop.
Tapi kalau keseringan seperti itu bisa fatal, mungkin laptop akan jadi hang-hangan, dan rusak.

3. Jangan lari-lari saat bawa Laptop di tas.

Kalau laptop kamu itu pakai HDD sebagai penyimpanannya, sangat disarankan agar tidak lari-larian saat bawa laptop ditas. Karena bisa jadi laptop kebentur dengan sesuatu, dan membuat HDD itu longgar dan tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

4. Install Aplikasi Yang diperlukan Saja.

Biasanya keperluan aplikasi setiap pengguna itu berbeda, ada untuk editing video, editing photo, ada untuk coding, banyak dah. Tapi misalnya untuk keperluan sekolah sih, sudah cukup browser, antivirus, dan program Office.


Kalau untuk install game sangat disarankan itu Laptop dengan spesifikasi yang medium keatas, misalnya RAM minimal 4 GB, Processor Intel i3/i5/etc.

Kalau spesifikasi laptop kita itu rendah, jangan dulu deh install game, apalagi game online yang ukurannya puluhan GB. Main game di Friv aja udah cukup kok hehe.

Nah sekiranya itu ada beberapa tips sederhana untuk merawat laptop agar tetap awet, ya hitung-hitung biar agak lama bertahan laptop kita.

Sponsored by : Kopi Jujur.

Wassalamu'alaikum Wr Wb
“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain