Tips Menyiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Reksadana

Ada beragam cara untuk menyiapkan dana pensiun yang cukup untuk membiayai hidup di masa tua nanti. Selain dengan menabung kamu juga dapat melakukannya

Tips Menyiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Reksadana

Apakah kamu pernah memikirkan kondisi finansial di masa tua nanti? Jika belum terbayang akan hal tersebut. Sebaiknya mulailah menyiapkan dana pensiun untuk masa tuamu nanti, supaya kondisi finansial tetap stabil meskipun sudah tidak bekerja lagi. Akan lebih baik jika menyiapkan dana pensiun sejak di usia produktif agar kamu memiliki dana pensiun lebih dari cukup.

Kamu bisa mulai melakukan investasi Reksadana untuk menyiapkannya. Ketika menabung dana pensiun dalam bentuk Reksadana, kamu akan mendapatkan imbal hasil untuk menambah nilai dana yang dikumpulkan. Reksadana tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat investasi tapi juga dapat digunakan untuk mengumpulkan dana pensiun.

Investasi Reksadana

Tips Menyiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Reksadana

Ada beragam cara untuk menyiapkan dana pensiun yang cukup untuk membiayai hidup di masa tua nanti. Selain dengan menabung kamu juga dapat melakukannya melalui investasi. Reksadana termasuk instrumen investasi yang tepat untuk menyiapkan dana pensiun.

Mengapa demikian? Karena Reksadana merupakan instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang relatif lebih rendah. Investasi Reksadana juga mudah diakses oleh semua kalangan, kamu bisa mulai membeli produk Reksadana mulai dari seratus ribu rupiah. Jadi tidak ada halangan lagi yang menghambat dirimu melakukan investasi di produk Reksadana.

Berikut tips menyiapkan dana pensiun dengan berinvestasi Reksadana:

1. Tentukan Kapan Kamu akan Pensiun

Menentukan umur pensiun akan menentukan jangka waktu pengumpulan dana. Sebagai contohnya, saat ini kamu berusia 25 tahun dan berencana pensiun di usia 55 tahun. Jadi kamu memiliki waktu selama 30 tahun untuk mengumpulkannya. Semakin muda kamu mulai menyiapkan dana pensiun, maka jangka waktu yang dimiliki juga akan semakin lama.

2. Hitung Perkiraan Biaya Hidup Ketika Pensiun Nanti

Supaya dana pensiun yang kamu kumpulkan bisa mencukupi semua kebutuhan di masa tuamu nanti. Kamu perlu menghitung dan memperkirakan berapa besaran biaya hidup yang dibutuhkan di masa tua nanti. Biasanya kebutuhan gaya hidup di masa pensiun cenderung berkurang sehingga membutuhkan lebih sedikit uang.

Namun, ada kebutuhan penting yang meningkat yaitu berhubungan dengan kesehatan. Di masa tua tubuh rentan mengalami gangguan kesehatan. Sehingga diperlukan dana yang cukup untuk check up kesehatan dan membayar tagihan rumah sakit. Jadi perkirakan biaya hidup di masa pensiun nanti dengan cermat.

3. Pilih Jenis Investasi Reksadana yang Tepat

Setelah mengetahui perkiraan biaya hidup di masa pensiun nanti, selanjutnya kamu perlu memilih jenis produk Reksadana yang tepat. Jika jangka waktu pengumpulan dana pensiun yang kamu lakukan lebih dari 5 tahun, maka produk Reksadana saham bisa menjadi pilihan yang tepat.

Reksadana saham menawarkan return yang besar tapi memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi. Sehingga lebih sesuai untuk tujuan keuangan dalam jangka panjang, beberapa tahun kemudian harga Reksadana saham dapat naik berlipat-lipat.

Sehingga kamu akan mendapatkan tambahan nilai pada dana pensiun yang dikumpulkan. Namun, Reksadana saham kurang tepat digunakan untuk tujuan jangka pendek. Misalnya bagi orang yang baru mulai mempersiapkan dana pensiun di usianya yang sudah mendekati masa tua.

4. Lakukan Investasi Secara Berkala

Ketika kamu sudah memutuskan melakukan investasi Reksadana sebaiknya lakukan secara rutin setiap waktu. Sebagian orang terkadang tidak memiliki tekad yang kuat saat mengumpulkan dana pensiun. Sehingga pengumpulan dana pensiun menjadi tertunda-tunda.

Pilihlah platform investasi yang mempermudah proses jual beli Reksadana. Agar investasi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Tidak perlu memulainya dalam jumlah yang besar, kamu bisa menyisihkan sebagian gaji untuk diinvestasikan.

Misalnya gajimu sebesar Rp4.000.000 dan terpangkas oleh kebutuhan pokok sebesar Rp2.500.000, maka sisa Rp1.500.000. Kamu bisa menggunakan Rp750.000 untuk melakukan investasi Reksadana dan sisanya untuk keperluan lainnya.

5. Evaluasi Kinerja Reksadana Secara Rutin

Jangan lupa untuk rutin melakukan evaluasi terhadap produk Reksadana yang kamu pilih. Pantau bagaimana perkembangan kinerjanya secara rutin, setidaknya tiga bulan sekali. Jika dirasa kinerja cukup baik tetap pertahankan dana investasimu di sana.

Jika kamu memiliki firasat yang kurang baik terhadap kinerjanya, sebaiknya jual sebagian dan pindahkan ke produk Reksadana yang lebih bagus dan memiliki kredibilitas yang baik. Dengan begitu risiko terjadinya kerugian di masa mendatang akan terminimalisir. Jual beli Reksadana menjadi kegiatan yang wajar dalam kegiatan investasi.

Investasi Reksadana Jadi Lebih Mudah Melalui digibank by DBS

Tidak hanya sebagai digital banking digibank by DBS juga menawarkan layanan pembelian Reksadana. Berikut kelebihan membeli Reksadana di Aplikasi digibank by DBS:

1. Tersedia 3 Pilihan Kategori Reksadana

Terdapat 3 kategori Reksadana yang di antaranya yaitu kategori kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Melalui kategori tersebut kamu bisa lebih mudah memilih Reksadana yang sesuai profil risiko dan kebutuhan finansial.

2. Jual, Beli, Hingga Switch Bisa Dilakukan di Satu Aplikasi

Semua proses investasi mulai dari registrasi SID (Single Investor Identification) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, jual beli Reksadana, hingga switch investasi bisa dilakukan di Aplikasi digibank by DBS.

3. Tersedia Banyak Pilihan Produk Reksadana

Digibank by DBS menyediakan lebih dari 50 pilihan produk Reksadana, jadi kamu bisa lebih leluasa dalam memilih.

4. Mulai dari Rp100.000 Kamu Bisa Langsung Investasi Reksadana

Kamu bisa mulai investasi dengan modal mulai dari Rp100.000 saja, jadi tidak ada kendala lagi untuk mulai investasi di Reksadana.

5. Investasi Secara Berkala Jadi Lebih Fleksibel

Investasi menjadi lebih fleksibel karena pembelian Reksadana secara berkala tidak mengharuskan kamu melakukan pendaftaran lagi di transaksi berikutnya. Kamu juga dapat mengubah nominal pembelian Reksadana dan tanggal pendebetan dengan mudah di Aplikasi digibank by DBS.

Sekarang kamu bisa mulai menyiapkan dana pensiun dengan melakukan investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS. Segera daftarkan diri menjadi nasabah dan mulailah berinvestasi dengan mudah dan aman.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)