Bagi Kamu Yang Mau Berinvestasi, Wajib Baca Ini : Apa Itu Investasi? Tujuannya? dan Manajemen kebijakannya?

Investasi dapat diartikan sbg komitmen sejumlah uang atau sumber daya lain yang dilakukan masa ini (presentime) dengan tujuan memperoleh keuntungan di

Apa Itu Investasi? Tujuannya? dan  Manajemen kebijakannya?

Setiap Individu pasti memikirkan masa depan, hal yang paling umum terfikirkan di benak kita ketika membayangkan masa depan adalah biaya hari tua. Pada saat kita memasuki usia lanjut, pastinya kita sudah tidak layak untuk bekerja. Disamping hal tersebut, kita juga masih perlu biaya untuk melanjutkan hidup. Kita seharusnya sudah memiliki rencana mengenai biaya hari tua, banyak sekali tindakan yang dapat dilakukan sebagai ancang - ancang, salah satumya adalah dengan melakukan investasi.

Investasi dapat diartikan sebagai komitmen sejumlah uang atau sumber daya lain yang dilakukan masa ini (presentime) dengan tujuan memperoleh keuntungan (benefit) di masa yang akan (in future). Secara umum investasi dapat dilakukan dengan kapitalisasi uang pada berbagai sektor alternative asset, seperti emas. Tanah, properti atau asset finansial. Sebutan bagi orang yang melakukan investasi adalah investor. Investor dibagi menjadi dua kategori, yakni investor individual dan investor institutional. Seorang investor melakukan investasi tentunya memiliki tujuan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan di kemudian hari, tujuan lain dari individu yang melakukan inveastasi adalah untuk menghindari laju inflasi di masa mendatang.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui secara umum mengenai pengertian investasi dan tujuan seorang melakukan investasi. Sekarang anda pasti bertanya, lalu bagaimana cara untuk berinvestasi dan bagaimana memanajemen resikonya ?. Seorang investor harus memahami beberapa konsep dasar tentang investasi, yang akan menjadi acuan untuk setiap keputusan yang akan dijalankan. Hal paling mendasar yang wajib investor ketahui adalah hubungan antara return yang diharapkan dengan resiko yang akan diberikan. Semakin besar resiko suatu investasi, maka akan semakin besar pula return yang diharapkan, begitupun sebaliknya. Hubungan ini umumnya disebut dengan hubungan linier atau searah. Sehingga dapat ditarik kesimpulkan, bahwa disamping memperhatikan return yang tinggi, investor juga harus menimbang tingkat resiko yang yang akan ditanggung. Ada beberapa hal yang mendasari pengambilan keputusan investasi, yang uraiannya adalah sebagai berikut.

a. Return

Retrun merupakan tingkat keuntungan yang akan diperoleh. Return yang didapatlan seorang investor adalah restitusi dari biaya kesempatan dan juga resiko degradasi minat beli karena laju inflasi. Tuntunan retrun yang tinggi dari investor merupakan hal yang lumrah atas dana yang diinvestasikan dan resiko yang akan ditanggungnya. Dalam dunia investasi, perlu diketahui perbedaan antara retrun yang diharapkan dengan retrun yang dihasilkan. Presentase retrun yang terjadi mungkin saja berbeda dengan presentase retrun yang kita harapkan, bisa saja itu lebih tinggi atau jauh lebih rendah. Oleh karena itu, sangat wajib bagi investor untuk selalu mempertimbangkan tingkat resiko disamping memperhatikan tingkat keuntungan atau retrun.

b. Resiko

Resiko dalam dunia investasi dapat diartikan sebagai perbedaan retrun yang didapatkan dengan retrun yang dibayangkan, yang diakibatkan oleh beberapa seban dan terjadi secara tidak berjangka. Resiko juga bisa terjadi jika seorang investor kurang memantabkan strategi atau juga kesalahan saat perhitungan atau Analisa. Penitik beratan investor terhadap resiko yang akan dihadapi biasanya akan memberikan pengaruh terhadap keputusan seorang investor. Seorang yang memiliki keberanian tinggi akan merujuk pada investasi yang bernilai tinggi dengan harapan retrun yang setara. Begitupun sebaliknya, investor yang enggan menanggung rugi, akan memiliki investasi dengan nilai yang lebih rendah.

Nah, tadi adalah paparan mengani hal yang mendasari keputusan seorang investor. Seperti yang telah saya paparkan di paragraph tiga, bahwa resiko dan return memiliki hubungan linier, dimana semakin tingi resiko yang akan ditempa, maka semkain tinggi pula retrun yang bisa dihasilkan dan sebaliknya. Hubungan antara resiko dengan retrun memiliki rasio yang berbeda beda di setiap bidang investasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Hubungan antara resiko dengan retrun yang diharapkan di setiap bidang investasi
Hubungan antara resiko dengan retrun yang diharapkan di setiap bidang investasi ( Sumber : Tandelilin, 2016 )

Garis miring pada gambar diatas disebut dengan garis RF yang memaparkan mengenai tingkat risk free rate atau untung dengan bebas resiko. Gambar tersebut menunjukkan bahwa investasi pada bidang kontrak futures memiliki tingkat resiko yang tinggi dengan tingkat retrun yang sepadan. Sebaliknya, obligasi pemerintah memiliki retrun yang rendah sebanding dengan resiko yang akan ditanggung oleh investor.

Setelah faham mengenai dasar dasar pengambilan keputusan, pasti kita akan bertanya mengenai bagaiamana tahapan saat akan menggaet keputusan. Oke oke, disini akan saya jelaskan secara runtut, bagaimana sih tahapan seorang investor untuk mengambil sebuah keputusan.

1. Mendalami alasan mengapa anda melakukan investasi.

Alasan seseorang melakukan investasi pasti memiliki perbedaan. Apakah untuk berkelanjutan atau tidak. Investor juga harus memilih tingkat resiko yang akan ditanggung. Jika investor menginginkan return yang tinggi maka harus memilih investasi dengan resiko yang tinggi pula, begitupun sebaliknya.

2. Menetapkan kebijakan investasi.

Pada tahapan ini seorang investor dapat memulai dengan pertimbangan alokasi asset, pertimbangan ini berkaitan dengan alokasi dana yang akan diinvestasikan pada kelas kelas asset yang tersedia, seperti saham, obligasi, property, sekuritas, tanah , emas dll. Hal yang harus digaris bawahi oleh seorang investor adalah Batasan pemutusan kebijakan, besar dana yang akan diinvestasikan serta alokainya dan pajak yang akan ditanggung.

3. Penetapan rencana portofolio.

Strategi portofolio yang dapat dipilih investor adalah strategi portofolio aktif dan strategi portofolio pasif. Perbedaan dari keduanya terletak pada penentuan portofolio. Strategi aktif menitkberatkan pada kegiatan aktif dan juga informasi yang tersedia, sementara strategi pasif hanya memperhitungkan rata rata minat pasar.

4. Penetuan asset dan pembentukan portofolio.

Setelah menentukan strategi portofolio, tahap yang harus dilakukan adalah memilih asset yang akan didaftarkan ke dalam portofolio. Agar mendapatkan kombinasi yang efisien, investor perlu mengevalasi setiap sekuritas yang ingin dimasukkan, yaitu yang mendapatkan retrun tinggi dengan presentase resiko yang rendah ataupun tingkat retrun tinggi dengan resiko yang spesifik.

5. Evaluasi kinerja portofolio.

Pada tahap ini, investor akan mengvalusi kinerja yang telah terlewati dengan membandingkan kinerja portofolio yang didapatkan dengan indeks pasar. Setelah langkah ini selesai investor akan melakukan keputusan dari tahap awal lagi, karena sebuah keputusan investasi merupakan keputusan yang kerkelanjutan dan terus menerus.

Temen temen semua, itu tadi merupakan beberapa penjelasan mengenai hal dasar yang wajib kita ketahui sebelum mulai berinvestasi. Di zaman yang serba canggih ini, kita mendapat kemudahan untuk berinvestasi, karena banyak sekali platform – platfrom investasi yang menyediakan sarana untuk berinvestasi. Salah satunya adalah inveseries , yaitu investasi EBA ritel oleh PT SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO). Sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang didirikan pada 22 juli 2005 dan berada di bawah naungan Kementrian Keuangan RI. Mengapa harus memilih SMF? .Salah satu alasan saya menyarankan platform ini adalah karena pemdiriannya memiliki dasar hokum yang kuat, beberapa diantaranya adalah Perpres No. 19 tahun 2005, Peraturan Pemerintah RI No. 5 Tahun 2005.

Oleh karena itulah sangat aman bagi kita untuk menginvestasikan harta kita ke platform ini. Selain itu, SMF juga menitik beratkan tujuan dalam bidang pembangunan dan pengembangan pasar pembiayaan, dengan memberikan fasilitas dan menyalurkan dana dari pasar modal ke sector perumahan. Hal ini dilakukan guna mendorong kepemilikan rumah yang terjangkau bagi setiap keluarga di Indonesia. Jadi, disamping anda melakuka investasi anda juga membantu setiap keluarga yang berpenghasilan rendah di Indonesia untuk memiliki rumah.

Mantab sekali bukan, dengan beberapa keunggulan diatas, pastinya anda akan tertarik berinvestasi di inveseries by PT. SMF. Jika temen temen tertarik, temen temen bisa membuka laman https://www.smf-indonesia.co.id untuk berkenalan lebih lanjut dengan inveseries. Selain laman tersebut, temen temen juga bisa mengulik invesries di akun Instagram resmi inveseries yakni @inveseries. Berinvestasi di inveseries dapat dimulai dengan nominal yang cukup rendah, yakni Rp 100.000,00 dengan nilai bunga 8,75% per tahun.

Nah itu tadi merupakan beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada temen temen yang ingin memulai investasi. Selain memikirkan keuntungan yang akan diperoleh, kegiatan investasi juga memerlukan ketajaman Analisa dan sejuta kehati hatian, serta berinvestasi juga harus dilakukan secara konsisten. Baik, semoga hal hal yang saya sampaikan diatas bermanfaat bagi temen temen yang membaca. Terimakasih.

Tandelilin, E. (2010). Dasar-dasar Manajemen Investasi. In Universitas Terbuka.

PT SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO), Website Resmi PT SMF (Persero), Diakses pada tanggal 01 Januari 2023, https://www.smf-indonesia.co.id

Penulis : Achmad Wikandaru

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain