4 Kerusakan CCTV Outdoor yang Sering Dijumpai

CCTV outdoor kadang rentan mengalami kerusakan setelah pemasangan beberapa waktu. Namun cukup banyak cara agar CCTV ini lebih awet dan berfungsi

4 Kerusakan CCTV Outdoor yang Sering Dijumpai
Source: pexels.com

CCTV outdoor kadang rentan mengalami kerusakan setelah pemasangan beberapa waktu.  Namun cukup banyak cara agar CCTV ini lebih awet dan berfungsi dalam jangka lama. Apalagi produsen biasanya sudah memilih bahan berkualitas agar piranti ini dapat memberikan manfaat dalam waktu lama.

Kerusakan yang terjadi pada kamera CCTV outdoor dapat terjadi karena tanpa kesengajaan maupun sebab dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dan mempertimbangkan banyak hal agar piranti tersebut tidak mudah rusak.

Kerusakan yang sering Terjadi pada CCTV Outdoor

Tidak dipungkiri, banyak yang kecewa karena kamera CCTV yang dipasang di luar ruangan mengalami kerusakan karena berbagai penyebab. Jenis kerusakan yang terjadi pun beragam. Anda perlu mengetahui penyebab kerusakan tersebut sebelum bisa memastikan perangkat dapat bekerja kembali dengan baik.

Beberapa jenis kerusakan ringan dapat diperbaiki sendiri tanpa harus membawa ke teknisi, namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda membawa kamera ke teknisi dan mengganti spare part yang rusak. Berikut kerusakan pada CCTV outdoor yang mungkin terjadi:

1. Kamera pecah

Kamera CCTV outdoor bisa saja pecah karena terkena benda yang jatuh tepat mengenai bagian ini. Jika bagian yang pecah hanya di sisi luar, kemungkinan kamera masih bisa merekam gambar namun dengan kualitas hasil yang tidak bagus. namun jika pecah di bagian dalam kamera, bisa dipastikan tidak dapat berfungsi lagi.

2. Hasil gambar blur

Kerusakan berikutnya yang mungkin terjadi adalah hasil gambar yang tidak jelas atau blur. Apabila hal ini terjadi, Anda bisa memeriksa sambungan power supply ke perangkat maupun sambungan kamera dengan DVR.

Jika ada bagian yang kendor, hanya dengan mengencangkan bagian tersebut, kemungkinan kamera CCTV outdoor akan bisa menghasilkan gambar bagus lagi.

Gambar blur tersebut dapat juga disebabkan karena kerusakan pada bagian kamera itu sendiri sehingga tidak dapat menangkap objek dengan sempurna. Selain itu, penyebab gambar blur juga bisa terjadi karena terdapat kotoran yang menghalangi kamera dengan objek, seperti debu atau kotoran lainnya.

Untuk mengatasi hal ini tentu sangat mudah, sebab hanya dengan membersihkan bagian yang kotor, kamera akan dapat menghasilkan gambar berkualitas kembali.

3. Power supply tidak tersambung

Power supply merupakan sumber daya ke kamera sehingga piranti ini dapat bekerja. Anda bisa mengecek apakah ada kerusakan pada bagian ini dengan menggunakan Avometer untuk mengetahui apakah ada tegangan listrik atau tidak.

Selain menyebabkan CCTV tidak dapat bekerja atau mati total, kerusakan pada power supply juga dapat menyebabkan hasil rekaman terlihat buram. Jika hal ini terjadi, power supply tersebut masih bisa diperbaiki, namun apabila tidak ada tegangan sama sekali, Anda harus menggantinya agar CCTV dapat digunakan kembali.

4. DVR tidak berfungsi

DVR merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman atau gambar dari CCTV. Apabila DVR rusak, bisa dipastikan CCTV tidak akan dapat menangkap objek gambar.

Biasanya kerusakan ditandai dengan bunyi beep. DVR juga mungkin saja akan restart berulang, hasil rekaman statis, terdapat spot hitam pada motherboard DVR, hingga akhirnya mati total. Jika kerusakan yang terjadi ringan, Anda dapat memperbaiki dengan melepas kabel dan memasangnya kembali.

Tips Memilih CCTV Outdoor yang Awet dan tidak Mudah Rusak

Pemilihan CCTV yang berkualitas dapat membantu Anda berhemat karena membeli produk yang awet. Karena itu, sebaiknya pertimbangkan kualitas dan jenis CCTV yang akan dibeli sehingga tidak mudah rusak. poin yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah:

1. Tahan cuaca

Resiko pemasangan CCTV di luar ruangan adalah mudah mengalami gangguan karena cuaca, seperti terkena panas matahari, angin dan hujan. Sebaiknya Anda memilih produk yang tahan cuaca agar tidak mudah rusak.

2. Tahan debu

Debu yang mengenai kamera CCTV dapat menyebabkan berbagai jenis kerusakan. Partikel debu yang lembut dapat masuk ke celah CCTV dan menghambar kinerjanya. Karena itu sebaiknya memilih produk yang tahan terhadap debu agar perangkat dapat digunakan dalam waktu lama.

3. Bahan kuat

Meski pun kamera yang Anda pilih menggunakan teknologi tinggi namun jika bahannya tidak bagus akan mudah rusak, terutama jika pemasangan dilakukan pada area yang langsung terkena sinar matahari atau hujan.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan bahan dari rangkaian kamera tersebut karena meski harganya sedikit lebih mahal namun bisa awet sehingga Anda tidak harus segera membeli CCTV yang baru.

4. Merk ternama

Mempertimbangan merk CCTV sebelum membelinya merupakan langkah yang tepat sehingga Anda mendapatkan produk yang awet karena biasanya merk terpercaya akan mempertahankan kualitas produknya.

5. Bergaransi

Tidak sedikit penjual maupun produsen yang menyertakan garansi bagi pembeli yang dapat diklaim apabila CCTV yang dibeli mengalami kerusakan tertentu. Anda perlu mempertimbangkan jangka dan syarat garansi sehingga apabila terjadi kerusakan pada kamera bisa mendapatkan service atau ganti tanpa mengeluarkan biaya.

Hikvision AcuSense, Kamera CCTV Outdoor Terbaik

Hikvision AcuSense, Kamera CCTV Outdoor Terbaik
Source: pexels.com

Bagi Anda yang sedang mencari CCTV outdoor terbaik yang tidak mudah rusak bisa memilih produk Hikvision AcuSense yang sudah terbukti kualitasnya. Kamera ini sudah banyak yang menggunakan dan merekomendasikan.

Kamera CCTV outdoor Hikvision AcuSense dapat menghasilkan rekaman yang akurat dan pemasangannya mudah. Anda bisa menghemat waktu dan biaya pemasangan, apalagi produk ini terkenal sangat kuat sehingga tidak mudah rusak.

Membeli CCTV outdoor Hikvision AcuSense merupakan Keputusan tepat sebab Anda bisa menggunakan kamera tersebut dalam waktu lama sehingga tidak perlu segera menggantinya. Cek di sini untuk lebih detailnya.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain